SEKOLAH DEMOKRASI TAHUN 2014

PETUNJUK PELAKSANAAN

REKRUTMEN PESERTA SEKOLAH DEMOKRASI TAHUN 2014

KABUPATEN PASURUAN

 

KAIDAH UMUM

Bahwa Program Sekolah Demokrasi di Kabupaten Pasuruan memiliki maksud untuk: meningkatkan kualitas sumber daya kalangan pilar demokrasi Kabupaten Pasuruan, yang ditandai dengan meningkatnya kualitas wacana demokrasi (quality of discourse) dan meningkatnya kuantitas partisipasi demokrasi (quantity of participation), yang dilaksanakan melalui rangkaian kegiatan dalam Program Sekolah Demokrasi.

 

Bahwa Program Sekolah Demokrasi di Kabupaten Pasuruan dilaksanakan atas kerjasama antara Komunitas Indonesia untuk Demokrasi (KID) dan Averroes Community. Sekolah Demokrasi dilaksanakan dengan metode pembelajaran untuk orang dewasa (POD) dan memiliki bentuk berupa kegiatan in-class dan out-class. Keikutsertaan dalam Program Sekolah Demokrasi ini berdasarkan asas kesukarelaan, partisipatif dan komitmen untuk bersama-sama membangun Kabupaten Pasuruan yang lebih baik bagi semuanya.

 

Bahwa Sekolah Demokrasi dapat diikuti oleh khalayak umum yang berasal dari empat pilar demokrasi yakni: (1) institusi pemerintahan (tingkat kabupaten sampai dengan desa/kelurahan); (2) partai politik; (3) komunitas bisnis; dan (4) Organisasi Masyarakat Sipil, yang dianggap memenuhi persyaratan sebagai peserta Sekolah Demokrasi melalui proses seleksi yang dilaksanakan oleh Tim pelaksana Program Sekolah Demokrasi. Adanya persyaratan dilakukan bukan demi membatasi keikutsertaan masyarakat dalam Sekolah Demokrasi, namun lebih ditujukan pada optimalisasi pencapaian tujuan program.

 

Bahwa peserta Sekolah Demokrasi memiliki ikatan kontrak belajar untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran bersama selama satu tahun sesuai dengan desain rencana kegiatan Sekolah Demokrasi. Dalam hal ini, baik tim pelaksana, Averroes Community dan KID memiliki komitmen tinggi untuk melakukan proses pendampingan terhadap peserta Sekolah Demokrasi demi tercapainya tujuan-tujuan pelaksanaan program.

 

KAIDAH PELAKSANAAN

  1. Proses Seleksi Peserta Sekolah Demokrasi Kabupaten Pasuruan akan dijalankan dalam 6 fase:
    1. a.      Fase Sosialisasi (Januari – Februari 2014), meliputi penggunaan media massa untuk tujuan sosialisasi rekrutmen peserta, serta akan dilakukan sosialisasi dalam bentuk-bentuk yang lain.
    2. b.      Fase Pendaftaran (2 Januari – 31 Januari 2014)

Pada fase ini, pendaftar diharapkan mengisi secara lengkap formulir pendaftaran dan mengembalikannya sebelum masa pendaftaran ditutup. Formulir dapat diambil di Sekretariat Sekolah Demokrasi atau dapat juga diunduh (download) melalui website www.simpuldemokrasi.com.

  1. c.       Fase Seleksi Wawancara (8 – 9 Februari 2014)

Panitia akan melakukan seleksi awal melalui tes wawancara kepada setiap pendaftar. Pemberitahuan mengenai waktu dan lokasi wawancara akan diberitahukan pada saat pendaftar mengembalikan menyerahkan seluruh kelengkapan administratif, atau melalui telepon.

  1. d.      Fase Seleksi FGD (8 – 9 Februari 2014)

Pada fase ini akan dilaksanakan FGD (Focus Group Discussion) dengan membagi calon peserta ke dalam beberapa kelompok untuk membahas topik tertentu. Selama berlangsungnya FGD, akan dilakukan pengamatan dan penilaian oleh tim seleksi, berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan.

  1. e.       Penentuan Akhir (19 Februari 2014)

Pada fase ini akan ditentukan 30 nama peserta Sekolah Demokrasi. Dalam fase penentuan akhir ini, akan dipertimbangkan kembali berbagai faktor yang berkaitan dengan pendaftar berkaitan dengan optimalisasi pencapaian tujuan program.

  1. f.       Pengumuman Peserta Terseleksi (19 Februari 2014)

Nama-nama peserta Program Sekolah Demokrasi 2013 Kabupaten Pasuruan akan diumumkan pada tanggal 19 Februari 2014 melalui publikasi media massa dan website Program Sekolah Demokrasi. Para peserta terseleksi akan dihubungi melalui telepon dan surat.

 

  1. Pembukaan pendaftaran peserta Sekolah Demokrasi di Kabupaten Pasuruan akan disosialisasikan melalui media cetak dan elektronik, brosur dan lain-lain pada Bulan Januari 2014. Di dunia maya, dipergunakan situs website dengan alamat: www.simpuldemokrasi.com.

 

  1. Persyaratan untuk menjadi Peserta Sekolah Demokrasi di Kabupaten Pasuruan adalah sebagai berikut:
    1. Mempunyai komitmen personal dan profesional terhadap upaya-upaya transformasi masyarakat demokratis
    2. Berusia antara 21-40 tahun
    3. Berpendidikan formal minimal setingkat SMA
    4. Berdomisili dan/atau memiliki karya di Kabupaten Pasuruan
    5. Mendapatkan referensi dari individu atau lembaga lokal yang menjadi komunitas/instansi/organisasi asal calon peserta.

 

Terdapat dispensasi terhadap kriteria-kriteria tersebut di atas, berdasarkan pertimbangan atas prioritas yang diberikan kepada:

  1. Perempuan
  2. Warga masyarakat yang dapat mewakili dan mendorong penguatan wacana dan pengalaman multikultural

 

  1. Berkas kelengkapan pendaftaran Sekolah Demokrasi

Dokumen-dokumen yang termasuk sebagai berkas kelengkapan pendaftaran Sekolah Demokrasi yang harus dikembalikan kepada panitia seleksi adalah sebagai berikut:

  1. Formulir pendaftaran peserta, berisi informasi mengenai
    1.                     i.      Data diri
    2.                   ii.      Riwayat pendidikan formal
    3.                 iii.      Riwayat pendidikan dan pelatihan
    4.                 iv.      Pengalaman organisasi
    5.                   v.      Pengalaman pendampingan masyarakat
    6.                 vi.      Karya tulis (ilmiah/populer) yang pernah dihasilkan
    7. Jawaban atas soal tentang Sekolah Demokrasi dan tentang Demokrasi
    8. Surat Pernyataan kesanggupan mematuhi kontrak belajar Sekolah Demokrasi yang telah ditandangani di atas materai.
    9. Surat Rekomendasi untuk pendaftar dari lembaga/organisasi atau tokoh masyarakat

 

  1. Pengumuman Hasil Seleksi
    1. Seleksi Awal

Pemberitahuan lolos atau tidaknya masing-masing pendaftar akan diberitahukan kepada masing-masing-masing peserta melalui telepon dan surat. Bagi para pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi awal, akan diberikan pemberitahuan mengenai jadwal seleksi psikotes paling lama sehari sebelum pelaksanaan seleksi psikotes.

  1. Seleksi Akhir

Pemberitahuan mengenai diterima atau tidaknya masing-masing pendaftar sebagai peserta Sekolah Demokrasi akan diberitahukan melalui telepon dan surat kepada masing-masing pendaftar.

 

  1. Pendaftar yang dinyatakan diterima sebagai peserta Sekolah Demokrasi sebanyak 30 orang.

 

  1. Dalam segala hal yang berkaitan dengan pendaftaran dan seleksi peserta Sekolah Demokrasi ini, pendaftar tidak dikenakan biaya apapun.

 

  1. Panitia Seleksi peserta Sekolah Demokrasi terdiri dari:
    1. Koordinator Program
    2. Fasilitator Sekolah Demokrasi
    3. Staf Administrasi Program
    4. Petugas Lapangan

 

 

  1. Dalam keputusan apapun berkaitan dengan seleksi peserta Sekolah Demokrasi ini, keputusan Panitia Seleksi tidak dapat diganggu gugat.

 

KAIDAH PENUTUP

Dalam pelaksanaan seleksi peserta Sekolah Demokrasi ini, panitia seleksi berupaya memegang teguh prinsip obyektivitas, non partisan serta memberikan peluang dan kesempatan yang sama kepada semua calon peserta sesuai dengan mekanisme dan aturan yang telah dibuat oleh Averroes Community dan Komunitas Indonesia untuk Demokrasi (KID).

 

Pasuruan, 2 Januari 2014

Program Sekolah Demokrasi Di Kabupaten Pasuruan

 

 

L. Riansyah           .

Koordinator Program

 

Download “formulir pendaftaran SD 2014″

Download “PROFIL SINGKAT SD PASURUAN 2013″