Pendidikan dan Kejujuran

Sekolah Demokrasi – Pendidikan adalah salah satu kunci sukses dalam mencetak insan intelektual dan bermoral. Berbagai permasalahan yang muncul di masyarakat baik yang baik maupun yang buruk adalah salah satu cermin aplikasi dari Proses hasil Pendidikan tersebut. Pendidikan adalah satu proses panjang, penyadaran, manusia sejak sedini mungkin hingga sampai akhir hayat hidupnya.

Banyak manusia sukses dan berhasil serta mempunyai moral yang baik disatu pihak banyak pula manusia yang tidak baik moralnya sehingga mengurangi keutuhan satu keberhasilan dan kesuksesan dan memungkinkan juga berakibat fatal bahkan tidak berhasil sama sekali dalam kehidupannya karena kurangnya Sumber Daya Manusia yang memiliki Imtak (iman dan taqwa) dan IPTEK.

Kejujuran menjadi salah satu kata kunci moralitas manusia karena dengan kejujuran seseorang dapat hidup terpuji, dan dari kejujuran pula manusia bisa tercela  hidupnya.
Fenomena yang terjadi di masyarakat saat ini boleh juga dibilang cermin dari kejujuran yang dimiliki setiap orang, dimana banyak masalah yang besar mencuat baik di daerah maupun ditingkat nasional utamanya yang bersifat negatif lebih menonjol dan diketahui oleh banyak masyarakat.

Kejujuran mempunyai dampak yang luar biasa dalam kehidupan yang menyangkut kepentingan banyak orang lain. Sebagai contoh kasus-kasus korupsi, amoral, narkoba, kolusi dan nepotisme merupakan hal yang tercela dan sangat merugikan banyak orang sesuai dengan jenjang tingkatannya.

Mengingat hal tersebut sangat merugikan dan hal ini sekaligus mencerminkan kebelum berhasilan pendidikan kita dalam menanamkan kejujuran  baik pendidikan formal maupun non formal.

Oleh sebab itu kami pandang sangat perlu bagaimana menanamkan kejujuran sejak dini mengenai kejujuran tersebut dimulai dari keluarga, sekolah dan masyarakat. Pendidikan Kejujuran mestinya harus banyak diperhatikan melalui latihan-latihan kejujuran, evaluasi dan pengawasan tentang kejujuran diruang lingkup kehidupan tersebut.

Kejujuran adalah sebagian dari pada iman dan taqwa, serta merupakan ibadah yang mulia baik di hadapan Tuhan yang Maha Kuasa maupun dihadapan sesama manusia.

Ditulis oleh Akh Faiz Abrori, Peserta Sekolah Demokrasi VI Kota Batu